Program Laboratorium Musik dan Liturgi

Laboratorium musik dan liturgi STP Reinha Larantuka menyelenggarakan 3 jenis kegiatan utama, yakni pelatihan musik liturgi; pelatihan liturgi Gereja Katolik dan membantu kegiatan lembaga yang membutuhkan dukungan dari unit Laboratorium Musik dan Liturgi. Untuk mendukung kegiatan ini maka disusunlah rencana kerja sebagai berikut:

  1. Menyusun Buku Panduan Penggunaan Laboratorium. Menyusun buku panduan yang memuat informasi lengkap tentang penggunaan fasilitas laboratorium musik dan liturgi, termasuk aturan, prosedur, dan langkah-langkah pemeliharaan alat-alat musik dan perangkat liturgi. Buku ini bertujuan untuk memastikan semua pengguna dapat memanfaatkan fasilitas dengan aman dan efisien.
  2. Membuat Website untuk Informasi Publik digital. Mengembangkan website yang berfungsi sebagai platform informasi bagi mahasiswa dan masyarakat umum. Website ini akan memuat informasi tentang laboratorium, jadwal kegiatan, panduan penggunaan, serta berita dan update terkait laboratorium.
  3. Pelatihan Musik Liturgi. Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan musik liturgi mahasiswa. Fokus pelatihan ini adalah pada teknik vokal dan instrumen musik yang digunakan dalam liturgi, serta pembinaan tentang esensi dari musik liturgi.
  4. Pelatihan Pemimpin Musik Liturgi. Pelatihan khusus bagi pemimpin musik liturgi untuk memperkuat kemampuan mahasiswa dalam memimpin dan mengarahkan musik liturgi selama perayaan. Pelatihan ini akan mencakup bagaimana memahami konsep tentang peran dan tanggung jawab pemimpin musik liturgi (dirigen), teknik memimpin, dan koordinasi dengan tim liturgi.
  5. Pelatihan Penyusunan Panduan Perayaan Ekaristi. Melatih peserta untuk menyusun panduan perayaan Ekaristi yang baik dan sesuai dengan liturgi. Panduan ini akan mencakup elemen-elemen penting dalam perayaan, seperti doa-doa, bacaan, dan tata cara.
  6. Pelatihan Iringan Musik Liturgi. Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan mengiringi musik liturgi, baik menggunakan alat musik maupun vokal. Pelatihan ini akan mencakup teknik bermain alat musik yang biasa digunakan dalam liturgi dan cara mengiringi nyanyian liturgi.
Pertama

pelatihan atau program training adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan musik dalam liturgi gerejani, sehingga mereka dapat menjadi pemimpin musik liturgi yang berkualitas sebagai dirigen dan pengiring.

Setiap sesi akan mencakup kombinasi antara teori, praktik, dan diskusi untuk memastikan pemahaman yang holistik dan aplikatif. Program Training Musik Liturgi ini akan dipandu oleh para ahli musik liturgi dan praktisi berpengalaman dalam bidangnya. Peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui latihan praktis dan mendapatkan umpan balik yang konstruktif untuk pertumbuhan mereka sebagai pemimpin musik liturgi yang berkualitas.

Program Training Musik Liturgi direncanakan dalam 3 bagian: 

  1. Pertama, untuk pengenalan musik liturgi; teori musik dasar dan praktikum; dan pemimpin musik liturgi yang berlangsung selama enam minggu.
  2. Kedua, pelatihan pemimpin musik liturgi, yang terdiri dari 2 inti kegiatan:
    • Memahami konsep tentang peran dan tanggung jawab pemimpin musik liturgi (dirigen)
    • Latihan memimpin koor dan iringan musik.
  3. Praktikum iringan musik liturgi.

Rincian program dapat dilihat sebagai berikut:

Pertama: Sesi ini diberikan untuk mahasiswa semester 2

Sesi 1: Pengenalan Musik Liturgi

  • Pengantar umum tentang musik dalam liturgi gerejani.

Sesi 2-3: Teori Musik Dasar

  • Dasar-dasar teori musik: notasi, ritme, harmoni, akor.
  • Pengenalan notasi musik liturgi.

Sesi 4-6: Praktikum Membaca Teks Lagu Liturgi

  • Latihan membaca informasi dalam teks lagu.
  • Teknik dasar membaca notasi lagu.
 
Kedua: Sesi ini diberikan untuk mahasiswa semester 3

Sesi 1-2: Memahami konsep tentang peran dan tanggung jawab pemimpin musik liturgi (dirigen)

Sesi 3-6: Latihan memimpin koor dan iringan musik.

 
Ketiga: Terbuka untuk semua mahasiswa, diberikan pada semester gazal 

Sesi 1: Dasar-Dasar Piano

Sesi 2: Fingering Movement

Sesi 3: Akor Dasar

Sesi 4: Teknik Dasar Iringan

Sesi 5: Pola Tangan Kiri

Sesi 6: Bentuk Pola Kord

Sesi 7: Sinkronisasi Dua Tangan

Sesi 8: Progresi Iringan Kord

Sesi 9: Latihan Iringan Kord

Sesi 10-16: Mengiringi Lagu

Kedua

Pelatihan liturgi gereja katolik. Kegiatan ini akan memberikan latihan menyusun ibadat dan panduan perayaan ekaristi.

Ketiga

Membantu semua kegiatan lembaga atau unit lain yang membutuhkan dukungan dari unit Laboratorium Musik dan Liturgi, seperti kegiatan Live In, permintaan koor dan PkM Mahasiswa-dosen.